NONTON K-DRAMA BIKIN MELEK FINANCIAL

2 January 2021 NONTON K-DRAMA BIKIN MELEK FINANCIAL

 

Buat para pecinta K-Drama or K-Movies, kalian sadar ga sih kalo akhir-akhir ini mereka suka nyelipin hal-hal tentang saham?

Karna kabarnya, pemerintah disana memang lagi ngebangun awareness masyarakatnya untuk lebih melek saham dan jadi investor di negaranya sendiri.

Itaewon Class.

Dalam drama ini, banyak kasih penontonnya insight bahwa dalam memilih sebuah saham, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah profil si emiten itu sendiri. Inget kan scene waktu Park Sae-Roy memutuskan untuk beli banyak saham Jangga ketika harganya jatuh? Selain mempertimbangkan timing yang tepat, Park Sae-Roy sendiri sudah tahu bahwa Jangga adalah perusahaan waralaba terbesar, bonafit dan dengan kepemimpinan yang baik. Dia sendiri juga yakin bahwa Jangga akan terus kokoh berdiri dan tidak mudah terpengaruh dengan keadaan dan isu-isu sekitar.

 

Crash Landing on You.

Diceritakan bahwa Yoon Se-RI menghilang karna ga sengaja kebawa badai angina dan harus sampai melintasi zona demiliterasi Korea Utara waktu paralayang, hal ini membuat polemic di perusahaanya yaitu Se Ri’s Choice. Harga saham turun, dan karyawan perusahaan pun meragukan kredibilitas kepemimpinan yang baru. Secara ga langsung, hal ini kasih insight buat penontonnya bahwa dalam memilih sebuah emiten, kita perlu perhatikan siapa pemimpin orang-orang dalam perusahaan tersebut. Apakah mereka kompeten di bidangnya?

Terbukti ketika Se-Ri bisa kembali lagi ke Negara asalnya dan mengambil alih kepemimpinannya, karyawan perusahaan sangat senang, bahkan mereka semua bekerja tambah giat. Dan seiring hal tersebut, harga saham Se Ri’s Choice naik dan mengembalikan kepercayaan publik.

 

Along With the Gods.

Scene ketika Seongju (sang dewa rumah) kehilangan lebih dari separuh tabungannya di reksadana campuran, kasih kita insight bahwa dalam berinvestasi di pasar saham tidak semerta-merta terus mendapatkan keuntungan. Ada kalanya kita akan dihadapi dengan kerugian. Scene ini juga secara ga langsung memberikan pelajaran untuk kita agar jangan pernah menggunakan uang tabungan utama untuk investasi saham.

Jika kita ingin membeli atau menabung saham, pastikan semua kebutuhan primer dan uang untuk tabungan utama kita sudah terpenuhi. Jika memang ada sisanya baru bisa kita tabung untuk membeli saham. Sedikit-sedikit pun tidak masalah.. yang penting konsisten!

 

Entah kenapa buat aku pribadi, bisa ambil pelajaran financial dari drama atau film yang aku suka, rasanya jadi lebih menarik dan bisa lebih memotivasi diri secara langsung. Seru banget pokonya!

by. Dessy Kuswara